7 LATIFAH

1. LATIFAH QOLBU
Latifatul Qolby adanya dibawah susu sebelah kiri jarak dua jari condongnya kedalam. Dalam pengisian zikir, Arahnya kedalam dan harus diisi dengan zikir sebanyak-banyaknya, maka tetaplah di Latifatul qolby.Wilayahnya Nabi Adam A.S, tempatnya nafsu Lawwamah, bersifat: Suka mencela, menuruti hawa nafsu, bohong, menganiaya, bangga diri, menggunjing, pamer, bangga diri, Warnanya : kuning

2. LATIFAH RUH

Latifatul Ruh adanya dibawah susu sebelah kanan jarak dua jari condongnya keluar kedalam. Dalam pengisian zikir, arahnya keluar kedalam dan harus diisi dengan zikir sebanyak-banyaknya di Latifatul Ruh. Dari Latifatul qolby ke Latifatul Ruh ada perjalanan zikir sebanyak 1000 kali dan setelah mengerjakan zikir perjalanan tetaplah di Latifatul Ruh. Wilayahnya Nabi Ibrahim A.S dan Nabi Nuh A.S. tempatnya Nafsu Mulhimah, bersifat: Lapang dada, dermawan, merendah, sabar, taubat, qonaah, tahan menghadapi kesusahan. Warnanya : merah


3. LATIFAH SIR

Latifatul Sir adanya di atas susu sebelah kiri jarak dua jari condongnya keluar. Dalam pengisian zikir arahnya keluar dan harus diisi dengan zikir sebanyak-banyaknya di Latifatul Sir. Dari Latifatul Ruh ke Latifatul Sir ada perjalanan zikir 1000 kali. Bilamana dalam pengisian Latifah Qolby 5000 kali, maka Ruh harus juga diisi 5000 kali. Setelah mengerjakan perjalanan zikir dari Ruh ke Sir maka tetaplah berada di Latifatul Sir.Wilayahnya Nabi Musa A.S, tempatnya Nafsu Mutmainah, bersifat: Senang ibadah, bersyukur, ridho, tawakal, sayang dengan sesama makhluk, takut melanggar larangan Allah/Waro. Warnanya : Putih

4. LATIFAH KHOFI

Latifatul Khofi adanya di atas susu sebelah kanan jarak dua jari condongnya kedalam. Dalam pengisian zikir arahnya kedalam dan harus diisi dengan zikir sebanyak-banyaknya di Latifatul Khofi. Dari Latifatul Sir ke Latifatul Khofi ada perjalanan zikir sebanyak 1000 kali. Bilamana dalam pengisian Latifah qolby 5000 kali dan Sir juga harus 5000 kali. Setelah mengerjakan perjalanan zikir dari Sir ke Khofi maka tetaplah di Latifatul Khofi. Wilayahnya Nabi Isa A.S, tempatnya Nafsu Rodiyah, bersifat: baik budi, welas asih, menjalankan kebaikan, berserah diri, sayang sesama makhluk, merasa manis dengan hal-hal pahit serta tidak terkejut dengan datangnya musibah. Warnanya : Hitam

5. LATIFAH AKHFA

Latifatul Akhfa adanya di tengah-tengah dada condongnya ke atas kedepan. Dalam pengisian zikir, arahnya keatas kedepan dan harus diisi dengan zikir sebanyak-banyaknya di Latifatul Akfa. Dari Latifatul Khofi ke Latifatul Akhfa ada perjalanan zikir sebanyak 1000 kali. Bilamana dalam pengisian Latifatul Qolby, Ruh, Sir dan Khofi harus sama diisi 5000 kali. Setelah mengerjakan perjalanan zikir dari Khofi ke akfa maka tetaplah di Latifatul Akhfa.Wilayahnya Nabi Muhammad SAW, tempatnya Nafsu Mardiyah, bersifat: Terlihat jelas keridoan Allah swt berupa karomah, ikhlas dan nikmat dalam zikir, ilmu yakin, ainul yakin, haqqul yakin, sebagai langkah awal dalam makrifat dan terlihat tajalli af’al. Warnanya : Hijau

6.LATIFAH NAPSI

Latifatul Napsi adanya di tengah diantara dua alis condongnya kebawah kebelakang. Dalam pengisian zikir, arahnya kebawah kebelakang dan harus diisi dengan zikir sebanyak-banyaknya di Latifatul Napsi. Dari Latifatul Akhfa ke Latifatul Napsi ada perjalanan zikir sebanyak 1000 kali. Bilamana dalam pengisian Latifatul qolby, Ruh, Sir, Khofi sama, maka di Latifatul Akfa juga harus sama ( misalnya 5000 kali ). Setelah mengerjakan perjalanan zikir dari Latifatul Akfa ke Latifatul Napsi maka tetaplah duduk di Latifatul Napsi.Tempatnya nafsu Amarah, bersifat: Serakah, takabur, khianat, pelit, syahwat. Warnanya : merah, kuning, hijau, biru. ( dominan merah )

7. LATIFAH QOLAB

Latifatul Qolab adanya di tengah embun-embunan condong kedalam (seluruh badan). Dalam pengisian zikir , arahnya kedalam ditengah-tengah dada. Dari Latifatul Napsi ke Latifatul Qolab, ada perjalanan zikir sebanyak 1000 kali. Bilamana dalam pengisian Latifatul Qolby, Ruh, Sir, Khofi, Akhfa sama, maka di Latifatul Napsi juga harus sama 5000 kali. Setelah mengerjakan perjalanan zikir dari Latifatul Napsi ke Latifatul Qolab maka Latifatul Qolab harus diisi sebanyak 5000 kali. Setelah mengisi zikir di Latifatul Qolab maka kembali ke Latifatul Qolby dengan perjalanan zikir sebanyak 1000 kali, maka tetaplah zikir untuk seterusnya di Latifatul Qolby yang berarti langsung tenggelam/fana, isilah zikir sebanyak-banyaknya sebagai tanggung jawab diri sendiri.Tempatnya Nafsu Kamilah, bersifat: Tajalli asma dan tajali sifat, laduni, irsad, ikmal, baqobillah, berangkat bersama kehendak Alloh dari Alloh dan kepada ALLOH.

Leave a comment